Monday, July 2, 2012

Buku Nuruddin Zanki dan Perang salib

Deskripsi:

Buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama membahas tentang Perang Salib I dan kekalahan umat Islam di dalamnya. Bagian kedua membahas tentang Perang Salib II, kemunculan Nuruddin Zanki serta peranannya membangun nilai-nilai Islam di Syria-Palestina dalam upaya menghadapi pasukan salib. Nuruddin Zanki merupakan seorang Sultan Bani Saljuk yang shalih dan merupakan pendahulu Shalahuddin al-Ayyubi. Kemunculan Nuruddin Zanki merupakan awal dari proses kemenangan kaum Muslimin dalam menghadapi kekuatan salib. Peranannya sangat penting dalam sejarah Islam, tapi sayangnya kurang dikenal oleh kaum Muslimin kontemporer. Ibn al-Athir, seorang sejarawan Muslim, berkomentar tentang beliau: "Saya telah membaca kehidupan raja-raja terdahulu, dan setelah Khulafa al-Rashidin dan Umar ibn Abdul Aziz, saya tidak menemukan seseorang yang lebih lurus dan lebh gigih dalam menegakkan keadilan (selain Nuruddin Zanki)."

Walaupun agak tebal, buku ini ditulis dengan menggunakan pendekatan naratif, sehingga mudah dibaca dan dipahami. Buku ini juga dilengkapi dengan peta dan ilustrasi, serta keterangan khusus untuk nama-nama dan istilah-istilah penting, sehingga lebih membantu pembaca yang belum begitu akrab dengan jalannya sejarah yang dijelaskan di dalam buku ini.

Bagi siapa saja yang ingin mengetahui secara mendalam tentang terjadinya perang salib hingga masa kepemimpinan Nuruddin Zanki, buku ini insya Allah akan sangat membantu. Jangan lewatkan membaca buku ini dan memasukkannya dalam daftar koleksi Anda.

No comments:

Post a Comment